Bahaya Gas Amonia Pada Kotoran Hamster

Apa kabar sahabat sangattahamster sekalian? Semoga sehat ya, hamsternya juga donk... Nah, jadi sahabat, ceritanya barusan baca-baca di salah satu forum hamster, jadi nambah ilmu tentang hamster dan salah satunya adalah : 'Hamster bisa menimbulkan gas amonia yang dihasilkan lewat kotoran/faeces nya'.


Nah, apa bahaya gas amonia ini? Dari sudut pandang kesehatan, amonia bisa merusak silia saluran napas yang bertugas menahan benda asing masuk ke dalam tubuh. Amonia dapat membakar jaringan tubuh yang kontak dengannya seperti kulit dan konjunctiva, menurunkan nafsu makan dan meningkatkan kepekaan terhadap penyakit. Akibat dari ini adalah performa yang tidak optimal atau bahkan kerugian secara finansial.

Gas amonia ini bisa berdampak jika hamster ditaruh di kandang tertutup/minim sirkulasi udara, kandang jarang dibersihkan, kotoran/faeces yang menumpuk, beeding/alas kandang jarang diganti, dll sehingga bisa meyebabkan keracunan dan berujung pada kematian Hamster yang ada di dalam kandang itu sendiri .

Amonia dapat juga berdampak pada manusia. Jadi kebersihan itu penting. Jika dirasa kandang sudah bau atau terlihat kotor, segera bersihkan agar terhindar dari penyakit baik untuk si hamster itu sendiri maupun Ownernya.

Untuk membersihkan kandang hamster, bisa dilakukan setiap 3 hari sekali untuk mengganti beddingnya, atau 1 minggu sekaligus dicuci kandangnya, ganti beddingnya, dan air minum di botolnya klo sudah kotor, ataupun klo dirasa kandang sudah bau dan basah karena terkena pipis dari si hamster.

Dapet 1 pesan "Setiap hewan berbeda-beda (baik sari segi karakter, perawatan, makanan, kondisi kandang/lingkungan dll) dan jika sahabat telah memutuskan untuk merawat hewan itu pastikanlah sahabat sudah berkomitmen dan itu cocok dengan gaya hidup anda".

Credit : Komunitas Hamster Lover & Daniel Handy

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Gas Amonia Pada Kotoran Hamster"

Post a Comment

Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Aturan Berkomentar :

1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

Terimakasih atas pengertiannya.