Melatih Hamster Menggunakan Toilet

Pada umumnya hamster adalah hewan yang bersih. Tidak seperti tikus, hamster di alamnya hidup di dalam lubang, jadi mereka memiliki naluri untuk pergi ke suatu tempat yang sudah mereka persiapkan untuk dijadikan toliet. Semua hewan dapat dilatih untuk memakai toilet/kotak kotoran. Dan lebih mudah melatih mereka pada saat usia masih relatif muda.

Ada cara membuat kandang hamster yang terkenal "bau" menjadi sedikit lebih berkurang baunya. Percaya atau tidak, hamster dapat dilatih untuk memakai toilet/litter box, meskipun bantuan dari pemilik sangat dibutuhkan dalam hal ini. Setiap rumah hamster modern seharusnya memiliki satu litter box/toilet. Saat ini sudah beredar di pasaran berbagai macam dan jenis toilet untuk hamster. Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam penempatan dan penggunaan toilet untuk hamster, diantaranya :
  • Masalah Salah Penggunaan
  • Sering kali kita menemukan bahwa hamster Anda menggunakan toiletnya untuk hal lainnya. Ada yang menggunakan toiletnya sebagaimana mestinya dan ada pula yang menggunakannya sebagai tempat untuk menyimpan makanan, makan, dan tidur.

    Pemecahannya adalah dengan rajin membersihkan toilet dan meletakkankan sedikit bekas pipis dan kotoran hamster di dalam toiletnya, biarkan hamster Anda makan di litterboxnya. Jika Anda membersihkan toilet secara teratur, meskipun hamster Anda tidak memakainya, ini akan membuat hamster tertarik untuk membuang sampah atau sisa-sisa kulit biji bijian dan pipis di toiletnya, tetapi tidak dengan membuang kotoran.

    Biasanya kotoran hamster kering dan tidak begitu berbau, jadi tidak mengapa jika hamster Anda membuang kotorannya tidak pada toiletnya. Solusi yang lain, yaitu memberi hamster lebih dari satu toilet di beberapa tempat, ini juga ide yang bagus, karena dengan adanya beberapa toilet, hamster akan mudah untuk pipis di toiletnya.

    Masalah utama, Anda mungkin menemukan mereka bersarang di toilet. Hal ini tidak dapat dirubah, jadi coba saja berikan tempat tinggal alternatif. Kotak persembunyian, terowongan, rumah-rumahan. Menaruh makanan cemilan, alas dan bahan yang lembut juga dapat membantu.

  • Penempatan
  • Perhatikan penempatan toilet pada kandang. Penempatan sangat penting untuk toilet hamster. Kebanyakan hamster akan ke pojok yang terdekat dengan botol airnya. Mereka biasanya grooming di sana. Jadi tempat ini jelas menjadi pilihan terbaik. Tetapi Anda harus menempatkan dimana hamster Anda biasa kencing. Juga dapat dibantu dengan menaruh sebagian serbuk/alas yang telah dikencingi hamster ke dalam toilet sebagai tanda atau pemancing mereka untuk menggunakan toiletnya.

  • Pembersihan
  • Untuk bedding/alas toiletnya, Anda dapat membeli pasir toilet hamster atau biasa dikenal dengan pasir zeolit. Harganya relati murah. Setiap hari atau dua hari sekali, kotoran harus dibersihkan dengan skop yang tersedia. Jika tidak ada, Anda dapat memakai garpu plastik. Pada waktu membersihkan kandang, buang semua pasir toiletnya dan bersihkan toiletnya lalu ganti dengan pasir toilet yang baru.

    Intinya, untuk memiliki rumah hamster yang modern, perlu dilengkapi dengan toilet yang berventalasi cukup. Kebanyakan toilet hamster dijual dengan skopnya. Jika tidak ada, Anda dapat memakai garpu plastik. Dengan pelatihan toilet ini, Anda dapat membersihkan kandang tidak sesering seperti Anda lakukan sebelumnya dan baunya pun berkurang dan lebih baik daripada sebelumnya.
Sumber: http://forum.megaxus.com/

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Melatih Hamster Menggunakan Toilet"

  1. Keren juga sob hamster bisa dilatih disiplin.Ternyata kecil-kecil pinter yah.. :)

    ReplyDelete

Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Aturan Berkomentar :

1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

Terimakasih atas pengertiannya.