Cara Merawat Hamster

Cara Merawat Hamster - Ketika memutuskan untuk memelihara hamster, maka hamster tersebut adalah tanggung jawab kita. Oleh karena itu, kita harus tahu bagai mana cara merawat hamster yang baik dan benar. Mengapa perlu mengetahui cara merawat hamster? Karena hamster adalah makhluk ciptaan Tuhan, sama dengan kita, jadi harus diberlakukan dengan baik pula. Selain itu, jika kita salah dalam merawat hamster, tentunya akan berakibat yang tidak baik, fatalnya bisa menyebabkan kematian pada si hamster. Tentunya sahabat tidak ingin ini terjadi kan?
Cara Merawat Hamster
Berikut ini adalah 3 langkah cara merawat hamster :
  1. Memilih kandang hamster. Hamster mini (Campbell, Winter WHite, Hybrid, Roborovski) memang memiliki ukuran badan yang kecil, tapi mereka butuh ruang untuk bisa bergerak dan bermain dengan leluasa. Jadi ukuran kandang harus cukup besar untuk merekan agar bisa begerak dan bermain, kemudian juga ada ruang untuk meletakkan tempat makan, tempat minum, serta mainan untuk hamster.

    Pilihlah kandang seperti pilihan berikut :
    ► Kandang dari Akuarium. Dalam merawat hamster tentunya membutuhkan kandang. Gunakan kandang akuarium yang dibuat khusus untuk hamster, ataupun bisa menggunakan akuarium untuk ikan, dimana fungsinya sama, yaitu untuk melindungi hamster dari suhu dingin dan berangin. Selain itu, dengan kandang jenis akuarium, kita bisa melihat dengan jelas kegiatan dan tingkah laku hamster sehari-hari. Kandang akuarium juga harus memiliki penutup di atasnya, dengan tujuan agar si hamster tidak mudah kabur dari kandang (biasanya memanjat melalui botol minum) dan juga melindungi hamster dari serangan yang berasal dari luar kandang (kucing, tikus, dll). Tutup kandang usahakan memiliki lubang-lubang, agar udara bisa bersirkulasi dengan baik.
    ► Kandang Jeruji. Kandang jenis jeruji memiliki sirkulasi udara yang baik, tapi usahakan jangan meletakkannya di tempat yang berangin. Kelemahan kandang jeruji biasanya, disekitar kandang akan mudah kotor, karena hamster suka menggali-gali alas kandangnya yang berupa serbuk kayu atau pasir, dan alas kandang itu bisa tumpah dan keluar dari kandang melalui sela-sela jeruji, dan tentunya akan membuat kotor daerah di sekitar kandang.

  2. Berikan alas kandang. Alas kandang yang kering sangat penting untuk kesehatan hamster. Alaskandang memberikan tempat tinggal yang nyaman dan memiliki kehangatan untuk si hamster. Pilih alas kandang berupa serbuk kayu, pasir zeolite, ataupun kertas daur ulang.

  3. Bersihkan kandang sesering mungkin. Bersihkan dan cuci kandang minimal seminggu sekali, srta ganti alas kandangnya. Ketika membersihkan kandang, pastikan menaruh hamster di tempat yang aman, sehingga tidak melarikan diri ataupun kemungkinan dimangsa oleh hewan lain (kucing). Hindari meletakkan hamstwr di dalam kardus sementara menunggu sahabat memebersihkan kandang. Hamster bisa menggerogoti kardus dan membuat lubang dengan mudah. Jangan lupa juga membersihkan tempat makan dan mengganti makanannya serta menggati air di botol minumya. Dengan 3 langkah ini sebenarnya sudah cukup untuk merawat hamster yang baik.
Demikian sahabat, arikel tentang cara merawat hamster semoga bermanfaat, dan nantikan info-info lainnya tentang hamster di blog sangatta hamster Terimakasih...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Hamster"

Post a Comment

Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Aturan Berkomentar :

1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

Terimakasih atas pengertiannya.