Membedakan Jenis Kelamin Hamster

Hamster merupakan hewan yang mudah berkembangbiak. Mereka hamil selama kurang lebih 18-21 hari (berbeda tiap jenis hamster) kemudian melahirkan dengan jumlah anak 4-8 ekor. Karena itu, sebelum memutuskan untuk memelihara hamster Anda harus menentukan apakah ingin mengembangbiakan hamster di rumah atau tidak sama sekali. Karena jika Anda membeli sepasang hamster berbeda jenis kelamin, maka mereka akan terus kawin disaat yang memungkinkan dan anak hamster akan terus lahir! Perhitungannya seperti ini, hamster betina hamil selama kurang lebih 18-21hari, kemudian menyapih anaknya selama kurang lebih 3-4 minggu. Setelah itu ia sudah siap kawin lagi. Berarti setiap 2-3 bulan akan lahir 4-8 ekor anak hamster baru.

Nah, sobat sangattahamster, untuk itu kita harus tahu bagaimana cara membedakan jenis kelamin pada hamster. Caranya seperti ini : diputer... dijilat... trus diclupin... hahaha... becanda kok.

Cara yang bener seperti ini :
  • Balikkan hamster agar tampak bagian kelaminnya , pastikan anda melakukannya dengan kasih sayang.
  • Lihat daerah kelamin hamster anda. Perhatikan dengan sangat seksama ! ( Mungkin Anda berpikir bahwa hal ini gila, tapi emang beginilah caranya! Ngelihatnya jangan sampe' nafsu ya...)
Anda harus memperhatikan hal-hal ini:
  • Jantan :
    Ia memiliki 2 lubang yang terpisah. Juga, bawahnya akan sedikit memanjang, yang berarti mencuat. Daerah memanjang adalah skrotum dan mungkin dapat terlihat ketika ia berjalan di sekitar kandangnya. Laki-laki cenderung sedikit lebih besar daripada perempuan, tetapi ini tidak selalu terjadi sehingga tidak memutuskan gender dengan ukuran hamster.
  • betina :
  • Ia memiliki 2 lubang yang sangat dekat, bahkan hampir menyatu . Dan terdapat 8 buah puting susu.
Jika Anda mengalami kesulitan membalik hamster Anda, coba lihat melalui kotak atau piring yang bening. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu Anda mencoba untuk menentukan jenis kelamin. (tips aneh ya...)

Membedakan jenis kelamin akan sulit dilakukan saat usia hamster masih muda, karena kedua lubang tersebut belum terlalu kelihatan. Jadi pastikan umurnya sudah 3-4 minggu. Tetapi pada hamster dewasa hal ini sangat mudah dilakukan. Satu catatan penting, hamster jantan dewasa memiliki testis yang terlihat menonjol di dekat ekor. Sehingga kita dapat dengan mudah menentukan yang mana hamster jantan.

Jenis Kelamin Mana yang Lebih Baik
Anda tidak harus membeli hamster secara berpasangan, jantan dan betina. Jika tujuan Anda hanya memelihara hamster sebagai hewan peliharaan/pets, dan tidak bertujuan beternak/breeding, sebaiknya Anda memelihara hamster dengan jenis kelamin yang sama semua.
Nah... selamat mencoba ya... :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membedakan Jenis Kelamin Hamster"

Post a Comment

Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Aturan Berkomentar :

1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

Terimakasih atas pengertiannya.