Genetika Hamster Winter White

Sahabat Sangatta Hamster, kali ini kita akan kursus singkat mengenai Genetika Hamster Winter White. Kenapa kami pilih kata "kursus"? Karena teori-teori di bawah ini sebaiknya dicoba dan diterapkan biar lebih melekat. Dan kami pakai kata "singkat" karena teori tentang Winter White (WW) dan Hybrid sesungguhnya bisa dipelajari dalam waktu singkat, sepanjang kita punya minat besar dan kecintaan pada hamster.
Berikut ini adalah tabel genetika hamster winter white :

Kode Nama Mutasi Keterangan Negara Tahun
d Sapphire Keabuan Inggris 1980an
Pe Pearl Putih, kadang kala ada garis hitam/keabuan di punggung Inggris 1988
Wh Imperial/White Bellied Putih (lethal) Amerika 1933
Keterangan : Merah: dominan | Hijau : semi dominan | Biru: resesif

Pada dasarnya genetika di WW sangatlah simpel, karena hanya terdiri dari empat jenis, yaitu : (Agouti, Sapphire, Pearl, dan Imperial), serta hanya ada tiga gen: yaitu satu gen warna (sapphire) dan dua gen pola/corak/pattern (Pearl dan Imperial). Adapun Agouti yg merupakan warna alami, disebut warna normal.

Pengkodeannya sebagai berikut :
  • Agouti/Normal (D)
  • Sapphire (dd)
  • Pearl (Pe)
  • Imperial (WhWh)

Belakangan dikenal pula sejumlah mutasi spesies WW, seperti, Mosaic dan Merle. Keduanya bukan gen warna tp gen pola. Hanya saja info yg diperoleh sampai saat ini belum ada pengkodean yahg disepakati utk kedua pola baru itu. Keduanya pun masih terus dipelajari oleh para ahli. Kabar terakhir, dilaporkan bahwa mutasi imperial sudah musnah di muka bumi.

Yang pasti, Sapphire bersifat resesif, sementara Pearl dan Imperial bersifat dominan. Khusus imperial, selain bersifat dominan, juga menjadi lethal kalau homozigot/bertemu sesama gen imperial.

Berhubung Sapphire itu resesif, maka Anda tidak bisa menghasilkan anakan Agouti/Sapphire jika dikawinkan dgn Pearl misalnya. Kecuali kalo Pearl bersangkutan membawa gen Agouti/Sapphire (atau pearl itu adalah anakan Agouti x Pearl).

Contoh: Sapphire x Pearl. Hasilnya, separuh anakan akan menjadi Pearl (Pe), separuhnya lagi adalah Agotui (D) atau warna alam. Namun 100% anakan itu sudah membawa gen Sapphire (kode "Pe-d" kalau dia berwujud Pearl, atau "Dd" kalau berwujud Agouti).

Untuk mencetak sapphire, anakan-anakan itu (sebaiknya agouti) tinggal dikawinkan lagi, dan akan menghasilkan 25% bayi Sapphire. Untuk memperbesar kemungkinan berikutnya di F3, anakan sapphire betina dikawinkan dengan bapaknya. Hasilnya, 50% menjadi sapphire.

Sebaliknya, berhubung Pearl itu dominan, maka Anda bisa mencetak Pearl hanya dengan satu indukan Pearl, yang dikawinkan dengan Agouti atau Sapphire. Pearl x Sapphire/Agouti, misalnya, menghasilkan minimal 50% Pearl.

Nah, sahabat Sangatta Hamster, Demikian ulasan mengenai genetika hamster winter white, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Genetika Hamster Winter White"

Post a Comment

Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Aturan Berkomentar :

1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

Terimakasih atas pengertiannya.