Informasi Untuk Calon Pemelihara Hamster

Saat ini Anda sedang mempertimbangkan seekor hamster untuk dijadikan binatang peliharaan? Mungkin Anda membutuhkan petunjuk apakah hamster memang pilihan yang tepat atau jenis hamster apakah yang cocok dengan kepribadian Anda.
Mari kita telaah tentang 'Bagaimana hidup bersama hamster' dan Anda sendiri yang akan memutuskan apakah binatang ini cocok untuk Anda.

Hamster Binatang yang Mungil
Dilihat dari ukurannya, hamster termasuk binatang peliharaan yang kecil. Tentu saja dengan ukuran yang kecil ini hamster hampir tidak memakan tempat di dalam rumah Anda. Cukup sediakan sebuah tempat berukuran 40x30 cm, Anda sudah bisa memelihara dua ekor hamster dengan layak. Mungkin lain ceritanya jika Anda berniat memelihara dalam jumlah banyak atau beternak hamster.

Anda Sibuk?
  • Jika Anda termasuk jenis orang sibuk dan banyak menghabiskan waktu di luar rumah, tapi masih menginginkan seekor binatang untuk menemani, hamster bisa menjadi salah satu alternatif.
  • Perawatan hamster tidak memakan waktu banyak dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya pun relatif sedikit. Perawatan harian hanya berupa pemberian makanan dan minuman, yang hanya memakan waktu beberapa menit. Bahkan untuk orang yang sering bekerja keluar kota Anda dapat melakukan beberapa hal dan dapat meninggalkan hamster Anda di rumah dengan tenang.
  • Jika Anda senang selalu berada di dekat binatang peliharaan Anda setiap saat, hal ini juga memungkinkan jika Anda memiliki hamster. Hamster dapat dengan mudah dibawa pergi. Anda hanya tinggal membeli sebuah kandang bepergian (travelling cage) dan Anda bisa melalang buana dengan hamster Anda.

Hamster dan Anak Kecil
  • Anda ingin mengajarkan cara bertanggung jawab terhadap seorang anak dengan memelihara binatang tapi tidak ingin merepotkan Anda? Pilihlah seekor hamster!
  • Hamster tidak memerlukan perawatan yang rumit seperti anjing dan kucing. Dan yang paling menarik adalah ketika saya menanyakan soal kebersihan pada seorang dokter hewan. Dokter tersebut menyatakan bahwa hamster termasuk binatang yang lebih bersih dibanding anjing dan kucing. Jika Anda memelihara seekor hamster, Anda akan tahu alasannya. Tidak seperti anjing atau kucing, Anda tidak perlu melatih hamster untuk buang air di tempat yang telah Anda tentukan. Rata-rata hamster telah memiliki naluri untuk buang air di tempat yang Anda sediakan dan tidak buang air secara sembarangan.
  • Jika memelihara seekor hamster, anak Anda mungkin akan jauh lebih bersemangat karena melihat berbagai macam mainan yang tersedia untuk hamster. Hamster suka bermain dan tentu saja banyak tersedia aneka permainan yang lucu dan unik di toko-toko hewan kesayangan/petshop.
  • Tapi perlu diingat, hamster sendiri bukan sebuah mainan. Jadi Anda juga harus membatasi sampai mana anak Anda bisa bermain dengan seekor hamster. Ajarkan cara yang benar dalam memelihara seekor binatang, bukan hanya terus-menerus memperlakukannya seperti barang atau mainan.

Hamster Binatang yang Lucu
  • Anda jalan-jalan ke petshop dan melihat sekumpulan hamster yang lucu. Jika Anda memang tidak berniat memelihara seekor binatang dan hanya tertarik dengan sosok hamster yang menggemaskan, hamster bukan binatang yang cocok untuk dibeli!
  • Memiliki binatang artinya adalah tanggung jawab terhadap sebuah nyawa bukan memiliki mainan atau pajangan yang lucu. Anda harus mengeluarkan biaya tambahan setiap bulannya untuk memenuhi segala keperluan hewan tersebut. Jika hanya tertarik dengan sesuatu yang lucu dan menggemaskan segera arahkan kaki Anda ke toko-toko boneka!
  • Tapi jika Anda sudah memikirkan semuanya dan merasa siap untuk memiliki seekor peliharaan yang lucu, maka belilah seekor atau dua ekor hamster sesuai dengan selera Anda. Anda tidak akan menyesal memilih seekor hamster untuk menemani hidup Anda!
Demikian ulasan tentang informasi untuk calon pemelihara hamster, semoga bermanfaat dan menjadi pertimbangan dalam memilih hewan peliharaan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Informasi Untuk Calon Pemelihara Hamster"

  1. Hamsterku umurnya 12 hari.tapi ibunya makin ga peduli sama anaknya dan di makan.jadi tinggal 1 anaknya.jadi gimana sarannya?apa perlu di pisah?

    ReplyDelete

Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Aturan Berkomentar :

1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

Terimakasih atas pengertiannya.