Kelainan Genetik Pada Hamster

Sahabat Sangatta Hamster, dalam dunia hamster dikenal yang namanya Backflip, Pacing, Circling, Spinning, dan Headtilt, semua itu merupakan sebuah gejala kelainan saraf. Hal ini diduga kuat dapat menurun pada anak-anaknya. Nah, sahabat mari kita bahas mengenai kelainan tersebut :

1. Backflip
Gejalanya bisa dilihat ketika hamster saat berdiri tetapi selalu jatuh ke belakang. Semakin dewasa, "kemampuan" itu semakin hebat dan hamster sudah dapat melakukannya, tetapi masih terjatuh dengan punggung. Sering terjadi pada jenis Campbell, dan lebih sering dialami Mottled Campbell, tapi tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada hamster jenis lainnya.

2. Pacing
Ini ditandai dengan hamster berlari ke kiri dan kanan, atau ke depan dan ke belakang, dalam jarak kurang lebih 10 - 15 cm berbalik arah. Gejala ini juga sering dialami hamster Campbell, tetapi tidak hanya dialami oleh Mottled Campbell, melainkan semua varian corak, dan tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada hamster jenis lainnya.

3. Circling atau lap running
Ditandai dengan hamster yang berlari - lari berputar mengelilingi kandang. Diameter putarannya sesuai besar kandang. Gejala ini dialami hamster Campbell dan Syrian, tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada hamster jenis lainnya.

4. Spinning atau Waltzing
Gejala ini meiliki persamaan dengan Circling atau lap running, tetapi diameter putarannya lebih kecil, jika mencapai gejala yang sudah tinggi, hamster dapat berputar di tempat. Untuk gejala ini hanya ditemukan pada hamster Roborovski pada jenis White Faced. Belum diketahui apakah ini berkaitan dengan gen White Faced atau bukan, yang jelas para ahli memperkirakan ini akibat Inbreeding White Faced yang terlalu jauh.

5. Headtilt
Gejala ini ditandai dengan kepala yang miring (salah satu telinganya lebih rendah dari telinga lainnya). Headtilt diketahui terjadi pada semua spesies hamster peliharaan, tetapi lebih sering terjadi pada Winter White, Campbell, dan Syrian.

Jadi Kesimpulannya: Backflipp, Pacing, Circling, Spinning, dan Headtilt bukan merupakan penyakit, tetapi sebuah kelainan genetik yang disebut dengan Genetic Neurological Disorder. Jadi kemungkinan tidak bisa disembuhkan, karena ini adalah kelainan genetik. Tetap sayangi hamster Anda meskipun ada kelainan pada genetiknya dan jangan pernah menawinkan hamster dengan kelainan genetik seperti ini, karena akan berpengaruh pada keturunannya, akan membawa kelainan genetik yangg serupa.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kelainan Genetik Pada Hamster"

  1. mampir juga dnk ke lapak aye gan:

    http://petanikeyboard.wordpress.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anonymous (petanikeyboard) : Thanks kunjunganx, pasti dikunjungi balik gan... :)

      Delete

Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Aturan Berkomentar :

1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

Terimakasih atas pengertiannya.