Fakta Menarik Tentang Hamster

Nah Sahabat Sangatta Hamster dan Hamster Lovers sekalian, setelah kita mengenal hamster kemudian mengetahui bahwa hamster berbeda dengan tikus, dan sudah mengetahui pula bagaimana hamster itu hidup di alam liar, sekarang saatnya kita mengetahui fakta unik dan menarik dari hamster. Berikut adalah fakta unik dan menarik dari hamster :

  • Hamster adalah omnivora
    Di alam liar mereka hidup dengan memakan tumbuh-tumbuhan dan serangga kecil yang dapat ditemui di sekitar habitatnya. Kebutuhan akan cairan didapat hamster dari embun dan tumbuh-tumbuhan yang mereka konsumsi.

  • Hamster menyimpan makanan di pipi
    Hamster memiliki pipi berkantong yang elastis untuk menyimpan makanan sementara, sebelum dipindahkan ke tempat yang aman di sarangnya. Hamster dapat menyimpan makanan di pipi hingga 20% dari berat badannya

  • Hamster menimbun makanan
    Dalam sarangnya, hamster bisa menyimpan sebanyak 38 pon makanan dalam liang tunggal.

  • Hamster adalah hewan crepuscular
    Hewan Crepuscular adalah hewan yang aktif terutama saat twilight (senja atau subuh). Hewan Crepuscular terkadang aktif di malam hari saat bulan purnama.

  • Hamster adalah hewan yang menyukai kebersihan
    Hamster suka dengan ritual 'mandi'. Mandi yang dimaksud di sini bukanlah mandi dengan menggunakan air seperti yang biasa kita lakukan. Hamster mandi dengan cara berguling-guling di atas pasir yang bersih untuk menghilangkan minyak, kutu, dan parasit yang menempel pada kulit dan bulunya. Kemudian setelah selesai, mereka akan mengibaskan semua pasir yang menempel dengan cara menggoyang-goyangkan tubuhnya.

  • Hamster bisa melakukan perjalanan yang jauh
    Hamster bisa berjalan dan berlari dengan kecepatan 2-3 mph untuk jarak jauh dan 5-7 mph untuk jarak pendek. Hamster juga dapat melakukan perjalanan yang jauh, sekitar 8 Miles dalam mencari makanan.

  • Hamster buta warna
    Hamster buta warna dan hanya bisa melihat sampai 6 inci di depan mereka. Dalam mencari makanan dan menghindar dari pemangsa, hamster mengandalkan indera penciuman dan pendengarannya.

  • Hamster bisa mendengar suara dalam jangkauan ultrasonik
    Indra pendengaran hamster sangat tajam, mereka bisa mendengar suara dalam jangkauan ultrasonik.

  • Hamster bisa menggali hingga 3 Meter
    Di habitat aslinya di alam liar, hamster bisa menggali liang sedalam hingga mencapai 3 meter.

  • Demikian fakta-fakta unik dan menarik dari hamster. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi sahabat sangatta hamster dan sahabat hamster lovers pada umummnya. Jika sekiranya ada yang mau menambahan tentang info unik dan menarik dari hamster yang belum kami tulis dalam artikel ini, kami persilahkan untuk menambahkan dan share disini.

    Subscribe to receive free email updates:

    2 Responses to "Fakta Menarik Tentang Hamster"

    1. kak, hamster temen aku, kalo di masukin ke wadah yg isi pasir buat mandi itu, bukannya guling" malah berusaha keluar. kalo gitu gimana ya kak?

      ReplyDelete
    2. @Yui Anita Putri : Memamg terkadang seperti itu, karena si hamster gk mengenali tempat yg baru. Kadang klo kandang hamster kita cuci dan kita ganti serbuk, dia juga akan berusaha untuk keluar, karena gk mengenali lagi tempatx, aroma/baux sudah berbeda. Jd sebaikx sediakan aja tempat kecil di dalam kandang hamster untuk pasirx, nanti klo hamsterx pengen mandi pasti mandi kok... :)

      ReplyDelete

    Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

    Aturan Berkomentar :

    1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
    2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
    3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

    Terimakasih atas pengertiannya.