Cara Memandikan Hamster yang Benar

Cara Memandikan Hamster - Siapa yang meragukan lucunya Hamster? Semua sepakat, binatang mungil nan lincah ini memang mood booster. Karenanya, tidak heran jika ia menjadi hewan peliharaan primadona. Meski demikian, selucu apapun hamster, tetap tidak menarik jika ia bau dan terlihat lusuh. Karena itu, memandikan hamster merupakan hal wajib yang tidak boleh terlupakan. Hanya saja, hamster yang habitat aslinya di tempat yang kering, agak rawan jika dimandikan secara sembrono. Terlebih jika Anda menggunakan air. Memandikan hamster tanpa aturan bisa mengundang penyakit. Jadi simaklah cara menandikan hamster yang benar berikut ini.

Cara Memandikan Hamster yang Benar
Memandikan Hamster Dengan Air
Memandikan hamster dengan air memang bukan hal yang tak mungkin dilakukan. Hanya saja, jika ada medium lain, sebaiknya hindari memandikan hamster dengan air. Sebab jika salah, hamster Anda bisa terkena penyakit pneumonia. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa rambu-rambu yang wajib Anda taati.

Pertama, pastikan usia hamster telah mencapai 5 sampai 6 bulan. Jangan coba memandikan hamster dengan usia kurang dari 5 bulan, karena mereka masih rentan. Rambu kedua, jangan memandikan hamster dengan air dingin. Siapkan air dengan suhu pas, tidak dingin dan tentu tidak panas. Ketiga, jangan merendam hamster di air!!! Hal ini rawan. Air hanya boleh "singgah" sebentar di kulit hamster. Selain rambu-rambu di atas, siapkan pula beberapa peralatan untuk mandi seperti baby shampo, handuk bersih, tissue basah dan juga pengering rambut. Semua peralatan sudah siap? Saatnya memandikan hamster. Berikut cara memandikan hamster dengan air:
memandikan hamster
Ilustrasi Hamster Mandi
Basahi hamster dengan cara menyiramnya air hangat. Bagian yang disiram hanya leher ke bawah. Jangan basahi kepalanya! Setelah basah, usapkan shampo bayi dengan merata. Jangan terlalu banyak, sebab shampo berlebih tentu membutuhkan air yang lebih juga. Setelah dibaluri shampo, pujat badan hamster sebentar dan kemudian siram lagi dengan air hangat. Pastikan hamster benar-benar bersih dari shampo. Sebab jika tidak, akan berakibat buruk pada hamster. Setelah bersih, segera keringkan badannya dengan handuk. Dalam keadaan setengah kering, usapkan tissu basah pada hanster termasuk di bagian kepalanya. Setelah itu, keringkan hamster dengan menggunakan hair dryer. Gunakan angin sedang saja jangan berlebih.

Memandikan Hamster Dengan Pasir
Memandikan hamster dengan air memang rawan. Jika Anda tak berani memandikan hamster dengan air, cobalah pasir mandi atau sand bathing. Pasir ini bisa dengan mudah dijumpai di pet shop. Biasanya sand bath telah memiliki aroma bunga sampai buah. Pilih sesuai selera Anda. Sand bath ini bisa membuat bulu hamster semakin berkilau. Nah, berikut cara memandikan hamster dengan sand bath.

hamster mandi pasir

Pertama, siapkan alat-alat seperti tempat menapung sand bath. Wadah kecil seukuran tempat makan juga boleh. Kemudian tuang pasir mandi tersebut ke dalam wadah. Takarannya secukupnya. Selanjutnya masukkan wadah dengan pasir tersebut ke dalam kandang hamster. Jika tak ingin menunggu, ambil hamster dan letakkan langsung di dalam wadah berpasir tersebut. Tunggu sampai ia selesai berguling-guling membersihkan diri. Selanjutnya angkat hamster dari pasir tersebut. Hasilnya, hamster menjadi wangi, bersih dan bulunya mengkilap. Anda pasti tambah sayang padanya! Selamat mencoba ya.

Demikian artikel tentang tips cara memandikan hamster yang benar, semoga bermanfaat, terutama bagi Anda hamster lovers yang ingin memandikan hamsternya, Sekian dan terimalkasih.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Memandikan Hamster yang Benar"

Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Aturan Berkomentar :

1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

Terimakasih atas pengertiannya.