Hamster Bukan Hewan Nocturnal Tapi Crepuscular

Sahabat sangattahamster, selama ini anggapan kita bahwa hamster adalah hewan nocturnal yang artinya tidur di siang hari dan beraktivitas di malam hari ternyata 'SALAH'. Jadi yang benar, hamster itu adalah hewan 'CREPUSCULAR'.

Apa itu Crepuscular? Crepuspular adalah hewan yang aktif terutama saat twilight (senja atau subuh). Hewan Crepuscular terkadang aktif di malam hari saat bulan purnama.

Jadi hamster itu berada di tengah-tengah, yaitu antara hewan malam (nocturnal), hewan siang (Diurnal), dan hewan Cathemeral (siang dan malam, seperti Singa).

Sebagai tambahan :
Ciri khas hewan nocturnal, selain penciuman dan penglihatan yang tajam, adalah juga bentuk mata yang sangat besar dan tidak proporsional, seperti burung hantu atau tarsius. Sementara hewan Crepuscular tak ada yang bermata terlalu besar, seperti hamster dan kelinci.

Jadi sahabat, somoga artikel ini bisa merubah persepsi dan pengertian kita tentang hamster selama ini, sebagaimana yang selama ini kita ketahui di beberapa sumber termasuk di artikel blog ini yang mengatakan bahwa hamster itu adalah hewan nocturnal.

mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kekeliruan yang kami buat...

Credit : Gunawan Wibisono & Komunitas Hamster Lovers

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hamster Bukan Hewan Nocturnal Tapi Crepuscular"

Post a Comment

Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Aturan Berkomentar :

1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

Terimakasih atas pengertiannya.