Mutasi Warna dan Corak Hamster Roborovski (Phodopus Roborovskii)

Mutasi Warna Roborovski
Hamster Roborovski (Phodopus Roborovskii) sebelumnya dinamakan Cricetulus bedfordiae, merupakan hamster terkecil yang lincah, pemalu dan senang berlari. Roborovski juga dikenal sebagai hewan peliharaan yang “hanya untuk dilihat” karena sulit untuk dipegang. Roborovski juga tidak terlalu suka cahaya terang seperti lampu neon atau senter. Sebaiknya gunakan lampu warna merah jika ingin melihat mereka pada malam hari karena roborovski tidak bisa melihat cahaya berwarna merah.

Berikut mutasi warna dari hamster roborovski :

  • Agouti/Normal (dominan)
Roborovski Agouti/Normal
Merupakan warna asli hamster Roborovski. Warnanya cokelat pasir dengan rambut bagian dalam berwarna abu2 gelap, warna perut putih gading, bermata hitam dan bertelinga cerah.

  • Cinnamon (resesif)
roborovski cinnamon
Sampai saat ini (2013) merupakan satu-satunya mutasi warna yang terjadi. Ditemukan pertama kali tahun April 2008 di Republik Ceko oleh Hanka Keltnerova. Warna Roborovski Cinnamon adalah cokelat pasir pudar, rambut bagian dalam berwarna abu-abu, bermata merah gelap (hampir hitam), warna perut putih gading dan bertelinga cerah. Saat lahir Cinnamon bermata merah yang akan semakin menggelap saat dewasa.

Corak Hamster Roborovski

  • Roborovski White Face (dominant)
roborovski white face
Terjadi perdebatan dan diskusi panjang di Eropa mengenai sifat genetik dari Roborovski White Face. Beberapa peternak mengatakan genetiknya bersifat dominan dan beberapa peternak lainnya berpendapat sifat genetiknya adalah resesif. Sampai pada akhirnya sekitar tahun 2008 – 2009 diketahui bahwa ada 2 tipe White Face, dominan dan resesif.

Roborovski White Face yang bersifat dominan sudah sangat jarang ditemui. Berwarna seperti Roborovski Agouti tetapi mempunyai wajah berwarna putih. Diketahui juga bahwa dua gen White Face dominan bersifat lethal.
  • Roborovski Husky (White Face resesif)
robrovski husky
Robrovski husky
Hamster ini cukup banyak beredar di Indonesia. Berwarna lebih pudar dari White Face dominan, seperti Cinnamon namun dengan warna yang lebih lembut.
  • Platinum
roborovski platinum
Sepintas mereka terlihat seperti Husky, namun semakin tua warna mereka akan memudar dan menjadi total putih. Nama lain dari Roborovski Platinum adalah Isabella, hasil dari perkawinan White Face dengan Husky.
  • White/BEW
roborovski white
Tahun 2006 corak hasil kombinasi ini ditemukan oleh Janet Nobel. Mereka berwarna hampir semuanya putih sejak lahir. Hal ini terjadi dari penggabungan gen White Face dan 2x Husky. Hanya ada sedikit warna pada bagian telinga dan rambut.
  • Mottled/Pied/Marbled (resesif)
Pied Roborovski
Sempat ada rumor berkembang bahwa corak ini ada di Amerika Serikat, tapi tidak pernah ada bukti akurat sampai September 2010 corak ini didatangkan ke Eropa. Semua Mottled Roborovski memiliki wajah putih seperti White Face, dan beberapa umumnya memiliki collar atau kerah berwarna putih.
  • Agouti carrier resesif
roborovsky agouti carrier resesif
Pada hamster Roborovski Agouti yang membawa satu copy gen resesif (Husky, Cinnamon, Mottled) umumnya mempunyai warna yang lebih cerah dari aslinya. Beberapa rambut warna putih terlihat bercampur pada rambut warna lain. Misalnya pada foto di atas ini terlihat spot putih terdapat pada bagian belakang telinga dan garis hidung.
  • Snow Bear
roborovski snow bear
Awal 2011 foto hamster ini muncul. Pertama kali hamster ini ditemukan di Republik Ceko. Secara genetik corak ini berasal dari gabungan gen Mottled dominan dengan Mottled resesif. Roborovski Snow Bear adalah hamster Roborovski dengan warna putih dan spot warna pada kepalanya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mutasi Warna dan Corak Hamster Roborovski (Phodopus Roborovskii)"

Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Aturan Berkomentar :

1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

Terimakasih atas pengertiannya.