Perbedaan Hamster Campbell dan Winter White

Mungkin sobat sangatta hamster banyak yang bertanya “Apa perbedaan antara Hamster Campbell dan Hamster Winter White?”, “Winter White yang seperti apa sih?”, “Campbell yang seperti apa ya? Mungkin postingan kali ini bisa sedikit membantu teman-teman untuk mengidentifikasi perbedaan Hamster Campbell dan Hamster Winter White. Nah, sobat sangatta hamster, berikut cara membedakannya.

1. Garis Dorsal
Perbedaan terbesar dari keduanya yang paling mudah dilihat adalah garis dorsal yang terdapat di punggung dan samping tubuhnya. Winter White memiliki dorsal yang sangat tebal sedangkan Campbell memiliki dorsal yang tipis. Dorsal Winter White dibagian kepala dan leher biasanya lebih tebal, sedangkan dorsal Campbell lurus dari hidung sampai ekor, sedikit tebal pada bagian kepala. Tapi tidak setebal Winter White. Sayangnya perbedaan ini tidak selalu terlihat jika kedua jenis ini sudah disilangkan (hybrid) secara sengaja atau tidak disengaja. Hybrid biasanya memiliki dorsal yang tebal seperti Winter White.
Garis Dorsal
Campbell Normal
Winter White Normal
2. Warna
Dari segiwarna, warna alami Witer White lebih gelap, abu-abu cokelat gelap dan dasarnya lebih abu-abu kebiruan. Campbell lebih cerah warnanya dan lebih abu-abu kecokelatan dan terang.
WW & Campbell Normal
WW & Campbell Normal
3. Tiga lengkungan di samping / The three arch
Pada Winter White, garis lengkungan ini berwarna cokelat atau warna lebih terlihat. Sedangkan pada Campbell lebih tidak kentara garisnya dan lebih terlihat berwarna samar dan kekuningan.
Campbell Normal
Winter White Normal/Tiger
4. Bentuk
Jika dilihat dari atas, Winter White kelihatan seperti bentuk telur (kecil diatas kemudian melebar di bawah). Berbeda dengan Campbell, bahunya lebih lebar kemudian mengecil di tengah. Kalau dari atas terlihat seperti angka 8. Campbell terlihat lebih kekar daripada Winter White.

5. Bulu / Rambut
Winter White mempunyai bulu yang lebih tebal, bulunya lebih rapat. Campbell bulunya lebih panjang dan tidak serapat Winter White. Winter White memiliki “Winter Coat” dimana warnanya bisa bervariasi dari abu2 muda, bercak- bercak putih sampai hampir putih. Campbell tidak memiliki “Winter Coat”.

6. Kepala
Kepala Winter White lebih lebar dan pendek, Campbell memiliki kepala lebih seperti bentuk segitiga.

7. Bentuk Hidung
Hidung Campbell lebih besar dan terlihat seperti 2 buah jendolan yang terpisah.
Hamster Campbell
Hamster Winter White
Perhatikan beda jarak mata, bentuk telinga dan bentuk hidung mereka.

8. Bentuk Telinga
Telinga Winter White lebih kecil dan sering terlipat. Malah bisa terlipat salah satu telinganya saja. Pada Campbell telinganya lebih lebar dan besar dan hanya sedikit terlipat. Telinganya selalu tegak.

9. Bentuk Mata
Mata Campbell berbentuk oval, mereka mudah menjulingkan mata. Ketika Campbell merasa tidak nyaman, mereka akan menyipitkan matanya dan terkesan sinis. Mata Winter White terlihat lebih bulat/belo, ketika merasa tidak nyaman Winter White terkadang menyipitkan mata nyaris tertutup. Mata Campbell saling berdekatan disbanding Winter White, hal ini karena pada dasarnya hamster Campbell mempunyai musuh alami yang berbeda dengan Winter White. Musuh hamster Campbell biasanya langsung masuk ke lubang sarang mereka, oleh karena itu sifat Campbell yang lebih agresif, menyerang dan menggigit merupakan cara mengusir musuh keluar sarang.
Pengelihatan Campbell ke arah depan juga lebih baik dari Winter White. Musuh alami Winter White adalah burung hantu dan mereka menangkap mangsanya melalui pendengaran. Oleh karena itu, pengelihatan Winter White lebih luas untuk melihat musuh-musuhnya.

10. Karakter
Winter White alaminya adalah hamster yang penakut. Jika belum jinak, mereka bisa sangat ketakutan dan berteriak. Mereka tidak sering mengigit. Campbell hampir tidak pernah berteriak. Ketika hamster Campbell ketakutan, mereka lebih suka bertahan dan mengigit. Campbell lebih defensive terhadap daerahnya. Terutama Hamster Campbell betina.

11. Hewan yang berkelompok
Campbell lebih berkelompok disbanding Winter White. Campbell lebih mudah dikelompokan dalam satu kandang. Winter White lebih sulit karena akan berkelahi satu sama lain l pada saat mereka sudah dewasa dan mencari pasangan.

Demikian ulasan mengenai Perbedaan Hamster Campbell dan Winter White. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat hamster sangatta mengenai perbedaan Hamster Campbell dan Hamster Winter White.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Perbedaan Hamster Campbell dan Winter White"

  1. Infonya bermanfaat. Dari dulu seringnya piara syrian.Baru tau kalo ternyata campbell sama WW tu hampir mirip :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Campbell dan WW memang agak mirip, tp jelas berbeda gan, Presentase WW lebih mudah dijinakkan dibanding dengan Campbell :)

      Delete
  2. mas, kalo melihara hamster WW keduanya cowo boleh gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rizky jui : Plihara Hamster WW jantan keduax gpp, asal mereka bisa akur aja, jangan sampai berantem ya... hehe :)

      Delete
  3. Aku gak sengaja beli pasangan hamster WW n Campbell, apa bisa dikawinkan? hasil anakannya bagaimana nantinya?

    ReplyDelete
  4. @Anonim : sebenarnya dalam forum2 hamster dimanapun, untuk mengawinkan hamster dari jenis yang berbeda itu tidak diperbolehkan.
    begitu juga mengawinkan jenis ww dan jenis campbell, karena ditakutkan akan merusak gen dari keturunannx, gampang terkena penyakit, dll

    Untuk hasil anakx belum tahu seperti apa, karena blum pernah mengawinkan campbell dan ww.

    ReplyDelete

Kirimkan pesan, pertanyaan dan usulan Anda dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Aturan Berkomentar :

1. Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
3. Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam komentar (kecuali itu permintaan admin).

Terimakasih atas pengertiannya.